Jumat, 26 Oktober 2018

          Bakteri acetobacter xylinum
Assalamualaikum teman-teman
 Hallo guys....
      Jadi di blog saya kali ini akan membahas informasi seputar bakteri acetobacter xylinum.
Semoga kalian suka, Selamat membaca.
      
   Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu bertemu dengan bakteri, akan tetapi kita tidak bisa melihat bakteri sesungguhnya, karena bakteri bentuk tubuhnya yang sangat kecil. Bakteri sering ditemukan ditempat-tempat kotor, makanan busuk, pakaian, makanan sehari-hari dan lain sebagainya.Akan tetapi bakteri tidak semuanya jahat atau tidak bisa di ambil keuntungan dari bakteri.Maka dari itu saya akan membahas informasi seputar bakteri acetobacter xylinum yang meuntungkan atau bermanfaat bagi makanan, contohnya nata de coco.
    
 Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sabgat kecil, serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi, bakteri yang jumlahnya paling banyak dan tersebar luas dibandingkan organisme lainnya di bumi. Bakteri pada umumnya merupakan organisme uniseluler (bersel tunggal), prokariota/prokariot tidak mengandung klorofil, seta berukuran mikroskopik (sangat kecil).
    
                                Hasil gambar untuk bakteri acetobacter xylinum
                             Sumber : bakteri acetobacter xyliinumhttps://www.google.co.id/url

        Acetobacter xylinum merupakan bakteri gram negative, aerobik berbentuk batang pendek, dengan pemukaan yang berlendir. bakteri ini bisa membentuk rantai pendek dengan satuan 6-8 sel.Bersifat nonmotil. Sebuah sel tunggal A. xylinum. Bakteri ini dapat membentuk asam dari glukosa, etil alcohol, dan propel alcohol. dan sifat yang paling menonjol dari bakteri A.xylinum ini adalah memiiki kemampuan polimerisasi glukosa sehingga menjadi selulos.
       
          Bakteri Acetobacter xylinum termasuk genus acetobacter. Secara kegunaan, utamanya Acetobacter xylinum digunakan untuk segala bentuk bioteknologi yang menghasilkan nata. Ada nata  de coco (dari limbah air kelapa), nata de soya (dari limbah tahu atau susu kedelai), nata de tomato, nata decassava (dari singkong, nata de melo, dan lain-lain.Acetobacter xylinum juga  merupakan bakteri yang menguntungkan bagi manusia. Artinya dapat di  gunakan untuk membuat suatu produk yang bermanfaat bagi manusia yaitu dapat dipergunakan dalam pembuatan Nata de coco (kolang-kaling air kelapa). 

         Dan ini merupakan contoh bakteri Acetobacter xylinum sering di fementasikan untuk membentuk nata de coco, jadi bakteri ini akan dapat membentuk nata jika ditumbuhkan dalam air kelpa yang sudah diperkaya dengan Karbon (C) dan Nitrogen (N), melalui proses yang terkontrol. Dalam kondisi demikian, bakteri tersebut akan menghasilkan enzim ekstraseluler yang dapat menyusun zat gul menjadi ribuan rantaiserat dan selulosa.

     
       
                                                          DAFTAR PUSTAKA
 Saxena, IM, Kudlicka, K., Okuda K., dan Brown, RMJR.1994. Karaterisasi Gen di Sintesis Selulosa Operon (ACS Operon) dari Acetobacter xylinum: Implikasi untuk Kristalisasi selulosa, Journal of Bacteriology, ay 176 n 18, hal 5735-5752.
Fardiaz, S.1992.Mikrobiology Pangan 1.PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.



Semoga apa yang saya tulis di blog tentang bakteri Acetobacter xylinum ini  dapat bermaanfaat bagi kalian. Sekian dan terima kasih.
Summassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..




                               





21 komentar:

FOOD VLOGGER SI PEMAMAH BIAK

Assalamualaikum wr. wb kembali lagi dibog gue yang ke-4 dan pastinya harus yang tersolid sebanjaran dong... hahahahahahha,, ups sorry kebl...